RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah                   : SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN
Mata Pelajaran                 : TEKNIK DASAR OTOMOTIF (TDO)
Kelas / Semester               : X / 3
Materi Pokok                     : MEMAHAMI KLASIFIKASI ENGINE DAN CARA KERJA ENGINE 2 DAN 4 LANGKAH
Alokasi Waktu                   : 9 x 45 menit

1.        Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning, peserta didik diharapkan mampu : Membedakan jenis-jenis hand tools, Mendeteksi letak kerusakan komponen kendaraan dan kelengkapan tambahan, Menentukan memahami klasifikasi engine dan cara kerja engine 2 dan 4 langkah serta mampu Melatih Mengidentifikasi model-model engine dengan penuh rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik

2.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran:

a.        Kegiatan Pendahuluan
                        · Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses                                                                   pembelajaran  Guru memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual                                       sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari
      ·   Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan                     sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
                      ·    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
                      ·    Guru menyampaikan karakter dan penilaian yang akan dilaksanakan

            b .       Kegiatan inti (sintaks model pembelajaran)
Sintaks
Aktivitas
Orientasi Peserta didik pada masalah
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Prosedur, Memahami klasifikasi engine dan cara kerja engine 2 dan 4 langkah
Mengorganisasi peserta didik
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah yang disajikan yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu
ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah terkait materi Prosedur, Memahami klasifikasi engine dan cara kerja engine 2 dan 4 langkah
Membimbing penyelidikan individu/ kelompok
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan Diskusi dan saling tukar
informasi terkait Prosedur, Memahami klasifikasi engine dan cara kerja engine 2 dan 4 langkah
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Menyampaikan dan Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang
Prosedur, Memahami klasifikasi engine dan cara kerja engine 2 dan 4 langkah
Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
Peserta didik menganalisa dan menyimpulkan masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan tentang Prosedur Memahami klasifikasi engine dan cara kerja engine 2 dan 4 langkah


c.        Kegiatan penutup
                         1.        Peserta didik, dengan bimbingan guru, membuat kesimpulan.
                         2.        Guru melakukan refleksi hasil proses belajar yang telah dilaksanakan..
3.                                            3         Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah bekerjasama                                dengan baik dalam kelompok.
                          4.        Guru memberikan evaluasi untuk mengukur ketuntasan belajar.
                         5.        Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan                                                                 berikutnya.



3. Kesimpulan dan Penilaian Pembelajaran
§  Penilaian
             A. Pengetahuan                             : Tes Tertulis (PG dan Uraian) dan Penugasan
B. Keterampilan                             : Praktek LKPD dan Produk


Kebumen,        Juli 2020
Mengetahui :




( . )
Verifikator :




(.)
Guru Mapel :



( FANI SANJAYA S.Pd )


Post a Comment

 
Top