1)
A.)
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MOTOR 2 TAK
v Keuntungan
mesin 2 langkah(tak):
1) Proses pembakaran terjadi setiap
putaran poros engkol, sehingga putaran poros engkol lebih halus untuk itu
putaran lebih rata.
2) Tidak memerlukan klep, komponen part
lebih sedikit, perawatan lebih mudah dan relatif murah.
3) Momen puntir untuk putaran lanjutan
poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus.
4) Bila dibandingkan dengan mesin empat
langkah dalam kapasitas yang sama, tenaga yang dihasilkan lebih besar.
5) Proses pembakaran terjadi 2 kali,
sehingga tenaga lebih besar dari mesin 4 tak.
v Kerugian mesin 2 langkah(tak):
1.)Langkah
masuk dan buang lebih pendek, sehingga terjadi kerugian langkah tekanan kembali
gas buang lebih tinggi.
2.Karena
pada bagian silinder terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston
dan lubang akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
3.Karena
lubang buang terdapat pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas.
4.Putaran
rendah sulit didapat
5.Konsumsi
pelumas lebih banyak, karena memakai 2 pelumas yaitu oli mesin dan oli
transmisi.Oli mesin ikut terbakar dengan bahan bakar.
B.) KEUNTUNGAN
DAN KERUGIAN MOTOR 4TAK
v Keuntungan
mesin empat langkah:
1.Karena proses pemasukan, kompresi,
kerja, dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri sehingga lebih presisi,
efisien dan stabil, untuk putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar (500-10000
rpm).
2.Kerugian langkah karena tekanan
balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian bahan bakar
lebih hemat.
3.Putaran rendah lebih baik, dan
panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli.
4.Langkah pemasukan dan buang lebih
panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektif rata-rata lebih baik.
5.Panas mesin lebih rendah dibanding
mesin dua langkah.
v Kerugian
mesin empat langkah:
1.Komponen dan mekanisme gerak klep
lebih banyak, sehingga perawatan lebih sulit.
2.Suara mekanis lebih gaduh
3.Langkah kerja terjadi dengan 2
putaran poros engkol,sehingga keseimbangan putar tidak stabil,sehingga
diperlukan engine balancer pada motor bersilinder tunggal sebagai peredam
getaran.
2) Cara menyetel waktu pengapian magnet (AC) dan battery (DC) adalah:
a.Kunci kontak oof,buka
tutup platina dan tutup rotor platina dan tutup rotor magnet.
b.sambung kabel positif
radio tester dengan pegas platina dan kabel negative dengan bodi.
c.tempatkan tanda F di
motor magnet dengan tanda garis pada bodi motor saat langkah kompresi (kedua
katup menutup) kemudian saklar radio tester
di on kan apabila pada saat ini radio
tester tidak berbunyi berarti waktu pengapian tidak tepat .
d.setel waktu pengapian dengan
memutar piringan platina kekiri atau kekanan sampai radio tester berbunyi ,jika
radio tester sudah berbunyi berarti waktu pengapian sudah tepat dan keraskan
kembali baut-baut piringan platina.
3) Fungsi
Sistem Bahan Bakar adalah:
1.
Sebagai menyuplai bahan bakar.
2.
Membersihkan bahan bakar dari
kotoran-kotoran ( kontaminasi) dan air ( uap air ).
3.
Mencampur bahan bakar cair dengan
udara menjadi bahan bakar gas.
4.
Mengatur suplai bahan bakar sesuai
dengan kebutuhan engine ( sesuai perubahan beban dan putaran ).
4) Venturi
yaitu Penyempitan suatu ruang sehingga tekanan udara nenurun, sebaliknya
kecepatan naik. " didalam
ruangan karburator saluran dibuat bentuk venture karena Ketika piston sedang langkah isap dan katup
gas dibuka, udara masuk dari saluran atas ke dalam silinder melalui venturi.Di
daerah venturi, udara menjadi bertekanan lebih rendah dibanding di ruang
pelampung akibat perbedaan tekanan ini maka bensin dari ruang pelampung akan
mangalir ke venturi melalui nosel kemudian bensin dan udara bercampur hingga
berbentuk kabut.Di dalam karburator, terdapat beberapa sistem, yaitu sistem
pelampung sistem stasioner dan kecepatan rendah, sistem kecepatan tinggi
primer, sistem kecepatan tinggi sekunder, sistem daya besar, sistem percepatan,
sistem cuk, katup termostat, dan katup solenoid".
5) Cara kerja karburator
pada putaran langsam, menengah, dan tinggi?
v CARA KERJA
KARBURATOR PADA PUTARAN LANGSAM/IDLE SPEED
- Piston valve tertutup, udara mengalir melalui slow air bleed menuju saluran slow jet.
- Udara bercampur dengan bahan bakar dari saluran slow jet menuju ruang bakar.
v CARA KERJA
KARBURATOR PADA PUTARAN MENENGAH
- Saluran venturi yang terbentuk setengah dari venturi maksimum.
- Udara mengalir melalui saluran venturi dan slow air bleed.
- Jarum skep/jet needle terangkat mengikuti pergerakan piston valve.
- Bahan bakar mengalir melalui main jet dan slow jet.
v CARA KERJA KARBURATOR PADA PUTARAN
TINGGI
- Piston valve terbuka penuh
- Jarum skep terangkat seluruhnya
Udara
mengalir seluruhnya melalui venturi dan main air bleed
6) Cara membersihkan
saringan udara jenis busa dan jenis kertas adalah:
a.Jenis Kertas Cara
membersihkannya adalah dengan udara bertekanan dari arah dalam saringan keluar.
b.Jenis Busa Cara
membersihkannya adalah:
·
Celupkan kedalam cairan pembersih
·
Kemudian busa diperas sampai cairan
pembersih kering
·
Basahi busa dengan oli, kemudian diperas
lagi
·
Sampai siap dipasang lagi
7) Perbedaan busi panas dengan busi dingin?
v Busi Panas
- Busi panas adalah busi yang memiliki kemampuan menyerap
serta melepas panas kepada sistem pendinginan lebih lambat dari pada busi
standarnya.
- Busi panas ini akan bekerja pada temperatur ruang bakar
yang tinggi,namun apabila temperatur ruang bakar mencapai atau melebihi 850
derajad celcius,maka akan terjadi proses pre-ignition,dimana bahan bakar akan
menyala dengan.Sendirinya sebelum busi memercikkan bunga api.
v Busi
Dingin
- Busi dingin adalah busi yang memiliki kemampuan menyerap
serta melepas panas kepada sistem pendinginan lebih cepat dari pada busi
standarnya.
- Busi dingin ini akan bekerja pada temperatur ruang bakar yang lebih rendah, namun apabila temperatur ruang bakar terlalu rendah hingga dibawah 400 derajad celcius, maka akan terjadi proses ”carbon fouling”, dimana bahan bakar tidak mampu terbakar habis sehingga bahan bakar yang tidak terbakar habis tersebut akan menumpuk pada busi.
- Busi dingin ini akan bekerja pada temperatur ruang bakar yang lebih rendah, namun apabila temperatur ruang bakar terlalu rendah hingga dibawah 400 derajad celcius, maka akan terjadi proses ”carbon fouling”, dimana bahan bakar tidak mampu terbakar habis sehingga bahan bakar yang tidak terbakar habis tersebut akan menumpuk pada busi.
8) Cara mengatasi Sepeda motor berjalan tersendat-sendat/kadang mati dan knalpot
mengeluarkan asap hitam yaitu:
v
Mesin tersendat saat berjalan
Permasalahan ini
terjadi karena campuran bahan bakar yang ada di venture (lubang karburator)
dengan udara tidak cukup banyak dan seimbang.hasil, proses pembakaran juga
tidak akan sempurna.
Bila pembakaran tidak sempurna, maka hentakan tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakkan motor juga lemah. Akibatnya, mesin tersendat-sendat atau istilah awamnya mbrebet.
Cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Pertama putar setelan sekrup udara searah jarum jam atau arah menutup. Hal itu dimaksudkan untuk memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.
Kedua, pindah posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar. Ketiga, ganti jarum skep atau throttle dengan jarum yang berdiameter lebih kecil. Hal itu dimaksudkan agar campuran udara dan bahan bakar di venturi yang akan disemburkan ke ruang bakar mesin lebih besar.
Bila pembakaran tidak sempurna, maka hentakan tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakkan motor juga lemah. Akibatnya, mesin tersendat-sendat atau istilah awamnya mbrebet.
Cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Pertama putar setelan sekrup udara searah jarum jam atau arah menutup. Hal itu dimaksudkan untuk memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.
Kedua, pindah posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar. Ketiga, ganti jarum skep atau throttle dengan jarum yang berdiameter lebih kecil. Hal itu dimaksudkan agar campuran udara dan bahan bakar di venturi yang akan disemburkan ke ruang bakar mesin lebih besar.
v
Motor terlalu banyak menghasilkan asap hitam
Umumnya para
mekanik di bengkel menyebut masalah ini dengan istilah karburator terlalu
basah. Artinya, asupan bahan bakar ke lubang venturi terlalu berlebih dari
takaran seharusnya. Sebaliknya udara yang masuk terlalu sedikit.
Untuk mengatasinya, lakukan beberapa langkah. Pertama, putar sekrup setelan udara keluar atau ke arah melepas. Hal itu dimaksudkan untuk memperbanyak udara di venturi.
Kedua, ganti pilot jet ke nomor yang lebih kecil. Ketiga, ganti jarum skep (throttle) dengan jarum yang berukuran lebih besar.
Untuk mengatasinya, lakukan beberapa langkah. Pertama, putar sekrup setelan udara keluar atau ke arah melepas. Hal itu dimaksudkan untuk memperbanyak udara di venturi.
Kedua, ganti pilot jet ke nomor yang lebih kecil. Ketiga, ganti jarum skep (throttle) dengan jarum yang berukuran lebih besar.
Post a Comment
Post a Comment