KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

Nama Sekolah                    :   _______________________________

Kelas / Semester                :   X (Sepuluh) / 1

Nama Guru                         :   _______________________________

NIP / NIK                              :   _______________________________












RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN


Nama Sekolah               :     
Bidang Keahlian            :      Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian         :      Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian   :      Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C2)
Mata Pelajaran               :      Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Kelas / Semester           :      X / I
Tahun Pelajaran            :     
Jam Pelajaran                :      16 JP (@ 45 Menit)

A.     KompetensiInti
KI-3 (Pengetahuan) : 
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KI-4 (Keterampilan) :     
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KompetensiDasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1    Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools

4.1     Menggunakan macam-macam hand tools 
3.1.1    Memahami jenis jenis  peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku.
3.1.2    Mengidentifikasi peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku
3.1.3    Menjelaskan kegunaan               peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku
3.1.4    Mempelajari prosedur pemakaian  peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku yang benar.

4.1.1    Mengoperasikan  macam-macam hand tools
4.1.2    Membuat produk sederhana dengan peralatan kerja bangku
4.1.3    Menerapkan K3 dalam menggunakan hand tools 

C.     Tujuan  Pembelajaran
·      Melalui langkah pembelajaran model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik peserta didik mengklasifikasi jenis-jenis hand tools, mengajukan pertanyaan, mengajukan jawaban sementara, mengumpulkan data, menganalisa data, menyusun simpulan untuk dapat mencapai kompetensi pengetahuan (memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi),

·      Melalui langkah pembelajaran model Discovery Learning dengan pendekatan saintifik peserta didik menggunakan macam-macam hand tools, mengajukan pertanyaan, mengajukan jawaban sementara, mengumpulkan data, menganalisa data, menyusun simpulan untuk dapat mencapai kompetensi keterampilan (mengamati, mencoba, menyaji, dan menalar), dan sikap (jujur, santun, dan tanggungjawab).

D.     Materi Pembelajaran
Materi Faktual
dapat diamati dengan indera atau alat
·   Hand tools atau alat-alat tangan
·   Bengkel/workshop
·   Power tools dan hand tools.
·   Otomotif


Materi Konseptual
Gabungan antar fakta-fakta yang saling berhubungan
·   Hand  Tools (Alat –alat  tangan)
Materi Prinsip
Generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang saling terkait
·   Peralatan Bengkel Otomotif
·   Peralatan Kerja Bangku
Materi Prosedural
Sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip
·   Mengoperasikan  macam-macam hand tools
·   Membuat produk sederhana dengan peralatan kerja bangku
·   Menerapkan K3 dalam menggunakan hand tools 

E.     Pendekatan, Strategi dan Metode
·       Pendekatan     : Saintifik
·       Metode            : Diskusi, Tanya Jawab, Demontrasi, Praktek dan Penugasan
·       Model              : Problem Based Learning

F.     Alat dan  Media Pembelajaran
·       Vidio Pembelajaran.
·       Slide Powerpoint.
·       LCD  Proyektor.

G.    SumberBelajar
·       Hand Out
·       Internet

H.     Kegiatan Pembelajaran
Tahap
pemebelajaran
Sintaks
Model Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah Saintifik
PPK
Waktu
M
1
M
2
M
3
M
4
M
5
Pendahuluan


·      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran





Religiositas




·      Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin





Disiplin
·      Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.




ü   

·      Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.




ü   
Rasa ingin tahu


·      Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung




ü   

·      Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan  Materi sebelumnya,




ü   
Literasi
·      Guru menyampaikan tatacara sistem penilaian dalam belajar.




ü   

Inti
Stimulus
·      Guru menampilkan tayangan tentang Hand  Tools (Alat –alat  tangan)

ü   











·      Siswa mengamati dan memahami tayangan tentang Hand  Tools (Alat –alat  tangan)






Identifikasi masalah
·      Guru menanyakan maksud dari tayangan tentang  Hand  Tools (Alat –alat  tangan)





·      Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang Hand  Tools (Alat –alat  tangan)





Pengumpulan data
·      Guru meminta siswa mengali informasi tentang Hand  Tools (Alat –alat  tangan)   





·      Siswa menggali informasi tentang tentang Hand  Tools (Alat –alat  tangan)   




ü   

Pembuktian
·      Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkenaan tentang Hand  Tools (Alat –alat  tangan)   




ü   
·      Siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru secara berkelompok.




ü   
Menarik kesimpulan
·      Siswa menyajikan dalam bentuk hasil diskusi kelompok tentang Hand  Tools (Alat –alat  tangan)   




ü   
·      Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok mengenai Hand  Tools (Alat –alat  tangan)   




ü   

·      Siswa menerima tanggapan dari siswa lain dan guru




ü   





·      Siswa menyimpulkan materi tentang Hand  Tools (Alat –alat  tangan)   




ü   
Penutup

·      Guru menyimpulkan pelajaran yang sudah dibahas








·      Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis.






·      Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.





Tanggung jawab

·      Siswa melakukan pembersihan peralatan, media dan ruangan.





Disiplin
·      Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum selesai pembelajaran.





Religiositas




I.       Penilaian Pembelajaran
·      Penilaian Skala Sikap
·           Teknik penilaian         :      Observasi : sikap religiius dan sikap sosial
·           Bentuk penilaian         :      lembar pengamatan
·           Instrumen penilaian    :      jurnal (terlampir)

·      Pengetahuan
·           Jenis/Teknik tes         :      tertulis, lisan,dan Penugasan
·           Bentuk tes                  :      uraian
·           Instrumen Penilaian   :      (terlampir)

·      Keterampilan
Teknik/Bentuk Penilaian : 
·           Praktik/Performence
·           Fortofolio
·           Instrumen Penilaian   :      (terlampir)
Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya.

CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                             :      ……………………………………………..
Kelas/Semester                 :      ……………………………………………..
Mata Pelajaran                  :      ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke            :      ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian   :      ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian     :      ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian      :      ……………………………………………..
(KD / Indikator)                  :      ……………………………………………..
KKM                                  :      ……………………………………………..

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1.      Membaca buku-buku tentang materi yang relevan.
2.      Mencari informasi secara online tentang materi
3.      Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang materi
4.      Mengamati langsung tentang materi yang ada di lingkungan sekitar.

                                                                                            .............……..,.....................

Mengetahui
Kepala Sekolah ………….                                              Guru Mata Pelajaran




……………………………                                                 ……………………………….
NIP/NRK.                                                                         NIP/NRK.

Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Lampiran
Materi Pembelajaran
Hand  Tools (Alat –alat  tangan)

Hand tools atau alat-alat tangan yaitu peralatan di bengkel/workshop yang bisa digunakan menggunakan tangan atau tanpa energi lain seperti listrik atau bahan bakar. Di sebuah bengkel hand tools sangat banyak macamnya. Di bidang otomotif ataupun bengkel di kenal dengan dua alat yakni power tools dan hand tools. alat tersebut di bedakan dengan tenaga peggeraknya. jika hand tools pengoperasiannya menngunakan tenaga manusia dan jika power tools menggunakan tenaga listrik, angin dan hidrolik.

1.      Kunci Pas (Open-End Spanner)
Kunci pas berfungsi untuk membuka/memasang baut/mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya dan juga untuk melepas baut yang sudah dikendorkan dengan kunci ring. Kunci pas umumnya dibuat menjadi dua buah kunci diujungnya dengan ukuran yg berbeda seperti 6mm dan 7mm atau 8mm dan 9mm.

2.      Kunci Ring (Double Ended Box Spanner)
Seperti halnya kunci pas,kunci ring juga mempunyai 2 buah kunci disetiap ujungnya dengan ukuran yang berbeda dengan tujuan untuk mengurangi jumlah kunci yang disediakan. Kunci ring digunakan untuk membuka/memasang mur atau baut yang mempunyai momen pengencangan yang relatif lebih besar besar.

3.      Kunci Kombinasi (Combination Spanner)
Kunci ini merupakan gabungan dari kunci pas dan kunci ring dimana di satu ujung dibuat kunci ring dan diujung lain kunci pas. Biasanya ukuran kedua kunci tersebut sama. Fungsinya sama dengan kunci pas dan kunci ring.

4.      Kunci Allen (Allen Wrench)
Kunci allen fungsinya yaitu untuk membuka/memasang baut yang kepala bautnya berbentuk lubang segi-enam.

5.      Kunci Inggris
Kunci inggris digunakan untuk melepas/memasang baut seperti fungsi kunci lainnya hanya sanja kunci inggris dapat diatur ukurannya dalam penggunaannya.

6.      Kunci Busi
Kunci Busi digunakan untuk melepas/memasang busi yang umumnya dipasang pada posisi yang sulit jika menggunakan kunci biasa.

7.      Obeng
Obeng terdiri dari 2 jenis yaitu obeng min dan obeng plus. Obeng digunakan untuk memasang/melepas baut atay sekrup yang ukurannya kecil.

8.      Tang (Plier)
Tang mempunyai beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. baca juga fungsi tang secara lengkap Berikut beberapa jenis tang:
¨         Tang Kombinasi Tang ini digunakan untuk menjepit benda-benda kecil,bisa juga digunakan untuk memotong kawat yang berdiameter kercil.
¨         Tang Long nose Digunakan untuk menjepit komponen yang lebih kecil dan posisinya sulit dijangkau oleh tang kombinasi.
¨         Tang Potong Tang ini khusus digunakan Untuk memotong kawat dan kabel berukuran kecil.
¨         Internal Snap Ring Plier Dingunakan untuk melepas/memasang internal snap ring,misalnya pada cross joint.
¨         External Snap Ring Plier Digunakan untuk melepas/memasang external snap ring,misalnya output shaft transmisi. ]

9.      Palu
¨         Palu Baja Baja Keras merupakan bahan standar untuk palu dan paling banyak digunakan  untuk oekerjaan otomotif.
¨         Palu Tembaga Palu ini digunakan untuk memukul benda kerja khusus yang bahannya baja atau bahan lainnya yang lebih keras dari tembaga dimana tidak dijinkan terjadi kerusakan atau perubahan bentuk pada benda kerjanya.
¨         Palu Plastik Palu ini digunakan untuk memukul benda kerja atau komponen yang terbuat dari bahan lunak seperti almunium dan tembaga untuk mencegah terjadi kerusakan pada benda kerjanya.
¨         Palu Karet Palu karet digunakan untuk pekerjaan pelat dan body misal memperbaiki lekukan pada panel. anda juga bisa membaca pengertian palu dan jenisnya

10.   Ragum
Ragum digunakan untuk menjepit benda kerja yang akan diperbaiki, dimana pada pekerjaan ini diharapkan benda kerja tetap diam pada posisinya saat dilakukan perbaikan.itulah beberapa alat-alat tangan biasanya ada di bengkel. Sekian dan terimakasih

Referensi






















Lampiran Instrumen  Penilaian

A.  ISTRUMEN PENILAIAN SIKAP
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No
Nama Siswa
Sikap spiritual
Sikap sosial
Jumlah Skor

Mensyukuri 1-4
Jujur 
1-4
Kerja sama 1-4
Harga diri 1-4
1
Zulkifli





2
Sugih Handoyo





3
Nanang Haryono





4
Wiwid





5
Said






a. Sikap Spiritual

Indikator sikap spiritual “mensyukuri”:
       Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
       Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
       Saling menghormati, toleransi
       Memelihara hubungan baik dengan sesama teman sekelas.

Rubrik pemberian skor:
       4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
       3 = jika peserta didik melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut
       2 = jika peserta didik melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut
       1 = jika peserta didik melakukan 1 (satu) kegiatan tersebut.

b. Sikap Sosial

1.      Sikap jujur
Indikator sikap sosial “jujur”
       Tidak berbohong
       Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
       Tidak nyontek, tidak plagiarism
       Terus terang.

Rubrik pemberian skor
       4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
       3 = jika peserta didik melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut
       2 = jika peserta didik melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut
       1 = jika peserta didik melakukan 1 (satu) kegiatan tersebut.

2.      Sikap kerja sama
Indikator sikap sosial “kerja sama”
       Peduli kepada sesama
       Saling membantu dalam hal kebaikan
       Saling menghargai/ toleran
       Ramah dengan sesama.

Rubrik pemberian skor
       4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
       3 = jika peserta didik melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut
       2 = jika peserta didik melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut
       1 = jika peserta didik melakukan 1 (satu) kegiatan tersebut.

3.      Sikap Harga diri
Indikator sikap sosial “harga diri”
       Tidak suka dengan dominasi asing
       Bersikap sopan untuk menegur bagi mereka yang mengejek
       Cinta produk negeri sendiri
       Menghargai dan menjaga karya-karya sekolah dan masyarakat sendiri.

Rubrik pemberian skor
       4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
       3 = jika peserta didik melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut
       2 = jika peserta didik melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut
       1 = jika peserta didik melakukan 1 (satu) kegiatan tersebut.

B.  INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

Kisi Kisi Soal Uraian
Nama Sekolah                    :   
Bidang Keahlian                :    Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian             :    Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :    Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C2)
Mata Pelajaran                   :    Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Kelas / Semester                :    X / I

KD
Kompetensi Dasar
Bahan/
Kelas Semester
Konten/ Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
No Soal
3.1
Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools
X / 1
Memahami jenis jenis  peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku
C1
Peserta didik diminta memahami jenis jenis  peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku
1

Mengidentifikasi peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku
C2
Peserta didik diminta mengidentifikasi peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku proyeksi pictorial
2 dst

Soal Uraian :
1.    Jelaskan mengapa kunci pas tidak boleh digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut yang masih kencang!
2.    Jelaskan kelebihan kunci pas-ring dibandingkan kunci pas!
3.    Sedapat mungkin untuk mengendorkan/mengencangkan baut menggunakan kunci sock. Mengapa demikian?
4.    Sebutkan contoh penggunaan kunci nipel (Flare Nut Spanner) dalam perbaikan kendaraan!
5.    Jelaskan nama alat yang ditnjukkan oleh gambar berikut beserta kegunaanya!

Pedoman Penskoran Soal Uraian :

NO SOAL
KUNCI JAWABAN
SKOR
1.
Jawab: Karena jika kunci pas dipaksakan untuk melepas baut yang kencang ditakutkan terjadi perubahan ukuran pada kunci tsb ( bisa longgar).)


SKOR MAKSIMUM
10
2.
Jawab: Kunci pas ring memiliki sisi tumpuan lebih banyak dan berbentuk lingkaran sehingga mencengkeram dan bisa bekerja di tempat sempit yang tidak bisa melakukan putaran  tuas 360 derajat secara penuh serta kelebihan kunci pas ring dibandingkan kunci pas dan kunci ring, adalah karena jumlah kunci yang sedikit, maka kita bisa mencari kunci yang kita butuhkan dengan lebih cepat.



SKOR MAKSIMUM
20
3.
Jawab: Dengan menggunakan kunci shock tenaga yang dikeluarkan akan lebih besar, dan saat mengencangkan , tidak akan menyentuh komponen lain

SKOR MAKSIMUM
10
4.
Jawab: Kunci nipel digunakan ketika kita ingin melepas atau pengencangkan sambungan sambungan pipa seperti pipa yang digunakan pada rem. Cara menggunakan kunci ini tidak boleh menggunakan alat ekstensi ataupun palu untuk menambah kekuatan, namun harus digunakan dengan metode di tarik (jangan didorong) dengan tangan.

SKOR MAKSIMUM
20
5.
Jawab
a)   Ratchet
Ratchet adalah kelengkapan kunci socket yang digunakan untuk melepas/memasang baut yang dalam keadaan longgar, tanpa harus melepaskan kunci sock dari kepala baut atau mur. Selama proses melepas atau memasang cukup dengan cara menarik dan mendorong batang ratchetnya. Untuk mengubah arah putaran kunci sock, cukup dengan memutar kunci pembalik.
b)   Batang Perpanjangan Sock (Socket Extension Bar)
Alat ini digunakan bersama dengan ratchet atau Alat yang sama untuk menjangkau mur atau baut yang tidak terjangkau oleh spanner
c)   Tang Kombinasi (Combination Plier)
Alat ini adalah jenis pliers yang paling berguna. Rahangnya mempunyai gerigi untuk memegang beda rata, gerigi untuk memegang pipa, pemotong samping (side cutter),dan dua sambungan atau pemotong kabel (wire cutter).
d)   Tang Sirklip Dalam (Internal Circlip Pliers)
Alat ini digunakan untuk melepaskan atau memasang internal circlip yang digunakan untuk menahan beberapa gudgeon pin di dalam piston.
e)   Obeng (Screwdriver).
Fungsi obeng adalah untuk membuka atau mengencangkan sekrup. Yakni untuk membuka atau mengencangkan sekrup. Secara umum orang mengenal hanya ada dua jenis obeng yaitu obeng plus (Philips screwdriver) dan obeng minus (Slotte Screwdriver). Namun faktanya, jenis obeng bukan hanya bentuk plus atau minus karena masih banyak obeng yang dirancang untuk beragam kebutuhan
f)    Obeng ketok (Impact driver)
Obeng ketok digunakan untuk mengencangkan atau melepas sekrup dengan kekencangan yang lebih.

SKOR MAKSIMUM
40
TOTAL SKOR MAKSIMUM
100

Kisi Kisi Soal Pilihan Ganda

Jenjang Sekolah         : SMK
Mata Pelajaran            : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Kurikulum                    : 2013
Kelas                           : X
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda

No
KD
Kompetensi Dasar
Bahan/
Kelas Semester
Konten/ Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
No Soal
3.1.
Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools
X / 1
Memahami jenis jenis  peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku
C1
Peserta didik diminta memahami jenis jenis  peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku
1

Mengidentifikasi peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku
C2
Peserta didik diminta mengidentifikasi peralatan bengkel otomotif dan peralatan kerja bangku proyeksi pictorial
2 dst

Soal Pilihan Ganda :

1.      Di dalam bengkel otomotif atau bengkel kerja bangku dikenal ada dua jenis alat bantu kerja yaitu…
a.   Spanner dan wrench
b.   Hand tools dan power tools
c.   Hand tool dan spanner
d.   Poer tools dan spanner

2.      Apa yang dimaksud dengan spanner…
a.   Kunci-kunci
b.   Alat tangan
c.   Alat bertenaga
d.   Alat listrik

3.      Alat yang dalam peggunaannya hanya mengandalkan tenaga manusia disebut…
a.   Power tools
b.   Hand tools
c.   Kunci pas
d.   Bor listrik

4.      Alat yang dalam penggunaannya menggunakan tenaga bantu dari mesin disebut…
a.   Power tools
b.   Hand tools
c.   Spanner
d.   Wrench
          
5.      Apa nama kunci yang mempunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing-masing ujung yang membuat sudut 15 terhadap tangkainya…
a.   Kunci ring
b.   Kunci shock
c.   Kunci pas
d.   Spanner

6.      Kunci yang digunakan untuk mengencangkan baut/mur terutama pada bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh kunci socket adalah…
a.   Spanner                     
b.   Kunci inggris
c.   Kunci kombinasi
d.   Kunci pas

7.      Kunci yang mempunyai sudut 45 adalah…
a.   Kunci ring                 
b.   Sigmat                     
c.   Kunci pas
d.   Kunci nipel

8.      Alat yang digunakan untuk mengencangkan/melepas baut pad sambungan-sambungan pipa adalah…
a.   Kunci ring                              
b.   Kunci nipel                           
c.   Kunci kombinasi
d.   Kunci ledeng

9.      Alat yang tidak termasuk ke dalam kelengkapan kunci socket adalah…
a.   Rachet
b.   Sliding T bar
c.   Breaker bar
d.   Wheel brace

10.   Alat yang digunakan untuk melepas/memasang mur/sekrup dengan tengah kepala berbentuk segi enam adalah…
a.    Obeng plus
b.    Obeng min
c.    Kunci allen
d.    Kunci T

Pedoman Penskoran Soal Pilihan Ganda :
NO SOAL
KUNCI JAWABAN
SKOR
Benar
Salah
1
Jawaban : B
1
0
2
Jawaban : A
1
0
3
Jawaban : B
1
0
4
Jawaban : A
1
0
5
Jawaban : C
1
0
6
Jawaban : C
1
0
7
Jawaban : A
1
0
8
Jawaban : B
1
0
9
Jawaban : D
1
0
10
Jawaban : C
1
0
TOTAL SKOR MAKSIMUM
10
0

C.  INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Nama Sekolah                    :   
Bidang Keahlian                :    Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian             :    Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :    Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (C2)
Mata Pelajaran                   :    Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Kelas / Semester                :    X / I

Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
4.1     Mengguna-kan macam-macam hand tools 
4.1.1     Mengoperasi-kan  macam-macam hand tools

·     Hand  Tools (Alat –alat  tangan)
·     Siswa diminta mengoperasi-kan  macam-macam hand tools
Tes Praktek




No
Komponen/Sub Komponen Penilaian
Indikator
Skor
1
Persiapan Kerja
a. Penggunaan alat dan bahan
Penggunaan alat dan bahan sesuai prosedur
91 - 100
Penggunaan alat dan bahan kurang sesuai prosedur
80 - 90
Penggunaan alat dan bahan tidak sesuai prosedur
70 - 79
b. Ketersediaan alat dan bahan
Ketersediaan alat dan bahan lengkap
91 - 100
Ketersediaan alat dan bahan cukup lengkap
80 - 90
Ketersediaan alat dan bahan kurang lengkap
70 - 79
2
Proses dan Hasil Kerja

a.    Memahami Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools
Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools tinggi
91 - 100
Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools cukup
80 - 90
Mengklasifikasi jenis-jenis hand tools kurang
70 - 79
b.    Kemampuan menggunakan macam-macam hand tools 
Kemampuan menggunakan macam-macam hand tools   tinggi
91 - 100
Kemampuan menggunakan macam-macam hand tools   cukup
80 - 90
Kemampuan menggunakan macam-macam hand tools   kurang
70 - 79
c.    Kemampuan mendapatkan informasi
Kemampuan mendapatkan informasi lengkap
91 - 100
Kemampuan mendapatkan informasi cukup lengkap
80 - 90
Kemampuan mendapatkan informasi kurang lengkap
70 - 79
d.    Kemampuan dalam bekerja
Kemampuan dalam  bekerja tepat
91 - 100
Kemampuan dalam  bekerja cukup tepat
80 - 90
Kemampuan dalam  bekerja kurang tepat
70 - 79
e.    Laporan
Hasil Laporan disusun rapih
91 - 100
Hasil Laporan disusun cukup  rapih
80 - 90
Hasil Laporan disusun kurang  rapih
70 - 79
3
Sikap kerja

a. Keterampilan  dalam bekerja
Bekerja dengan  terampil
91 -100
Bekerja dengan  cukup terampil
80 - 90
Bekerja dengan  kurang  terampil
70 - 79
b. Kedisiplinan dalam bekerja
Bekerja dengan  disiplin
91 - 100
Bekerja dengan  cukup disiplin
80 - 90
Bekerja dengan  kurang disiplin
70 - 79
c. Tanggung jawab  dalam  bekerja
Bertanggung jawab
91 - 100
Cukup bertanggung jawab
80 - 90
Kurang bertanggung jawab
70 - 79
d.  Konsentrasi dalam  bekerja
Bekerja dengan konsentrasi
91 - 100
Bekerja dengan  cukup konsentrasi
80 - 90
Bekerja dengan  kurang konsentrasi
70 - 79
4
Waktu

 Penyelesaian pekerjaan
Selesai sebelum  waktu berakhir
91 - 100
Selesai tepat waktu
80 - 90
Selesai setelah waktu  berakhir
70 - 79


Pengolahan Nilai Keterampilan :


Nilai Praktik (NP)

Persiapan
Proses dan Hasil Kerja
Sikap Kerja
Waktu
∑ NK

1
2
3
5
6
Skor Perolehan





Skor  Maksimal




Bobot
10%
60%
20%
10%
NK





Keterangan:
·      Skor Perolehan merupakan penjumlahan skor per komponen penilaian
·      Skor Maksimal merupakan skor maksimal per komponen penilaian
·      Bobot diisi dengan persentase setiap komponen. Besarnya persentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik kompetensi keahlian. Total bobot untuk komponen penilaian adalah 100
·      NK = Nilai Komponen merupakan perkalian dari skor perolehan dengan bobot dibagi skor maksimal

·      NP = Nilai Praktik merupakan penjumlahan dari NK



                                                                                            .......……..,.....................

Mengetahui
Kepala Sekolah ……….                                                  Guru Mata Pelajaran




……………………………                                                 ………………………….
NIP/NRK.                                                                         NIP/NRK.

Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top