SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (C1)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi
dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
|
4. Melaksanakan tugas spesifik
dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan
serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi
Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
|
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Mata Pelajaran :
Simulasi dan Komunikasi Digital Jam Pelajaran : 108 JP (@
45 menit)
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer
|
4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
|
3.2 Menerapkan metode peta- minda
|
4.2 Membuat peta-minda
|
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif,
argumentatif, naratif dan persuasif
|
4.3 Menyusun kembali format dokumen
pengolah kata
|
3.4 Menerapkan logika dan operasi
perhitungan data
|
4.4 Mengoperasikan perangkat lunak
pengolah angka
|
3.5
Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide
|
4.5 Membuat slide untuk presentasi
|
3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif
|
4.6 Melakukan presentasi yang efektif
|
3.7 Menganalisis pembuatan e-book
|
4.7 Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
|
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
|
4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital
|
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search
Engine
|
4.9 Melakukan penelusuran informasi
|
3.10 Menganalisis komunikasi
sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan
asinkron dalam jaringan
|
3.11 Menganalisis fitur
perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring
(kelas maya)
|
3.12 Merancang dokumen tahap
pra-produksi
|
4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi
|
3.13 Menganalisis produksi
video, animasi dan/atau musik digital
|
4.13 Memproduksi video dan/atau animasi
dan/atau musik digital
|
3.14 Mengevaluasi pasca- produksi
video, animasi dan/atau musik digital
|
4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi
|
Mata Pelajaran : Fisika
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 menit)
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan prinsip- prinsip pengukuran
besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan rekayasa
|
4.1 Melakukan pengukuran besaran fisis
dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan
angka penting
|
3.2 Mengevaluasi gerak lurus dan gerak
melingkar dengan kelajuan tetap atau percepatan tetap dalam kehidupan sehari-hari
|
4.2 Menyajikan hasil percobaan gerak lurus
dan gerak melingkar dalam bentuk grafik/tabel pada bidang teknologi dan rekayasa
|
3.3 Menganalisis gerak dan gaya dengan
menggunakan hukum- hukum Newton
|
4.3 Menggunakan alat-alat sederhana yang
berhubungan dengan hukum Newton tentang gerak
|
3.4
Menganalisis hubungan usaha, energi, daya dan efisiensi
|
4.4 Menyajikan ide/gagasan dampak
keterbatasan sumber energi bagi kehidupan dan upaya penanggulannya dengan
energi terbarukan
|
3.5 Menerapkan konsep momentum, impuls dan hukum kekekalan momentum
|
4.5 Mendemonstrasikan berbagai jenis tumbukan
|
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia,
dan momentum sudut pada benda tegar dalam bidang teknologi dan rekayasa
|
4.6 Melakukan percobaan sederhana tentang
momentum sudut dan rotasi benda tegar
|
3.7 Menganalisis kekuatan bahan dari sifat
elastisitasnya
|
4.7
Menyelesaikan masalah teknis dalam bidang teknologi terkait dengan
elastisitas bahan
|
3.8 Menerapkan hukum- hukum yang berkaitan
dengan fluida statis dan dinamis
|
4.8 Melakukan percobaan sederhana yang
berkaitan dengan hukum-hukum fluida statis dan dinamis
|
3.9 Menganalisis getaran, gelombang dan bunyi
|
4.9 Menyajikan penggunaan gelombang bunyi dalam
teknologi. (Misalnya : dalam
pengujian menggunakan Non Distructive Testing)
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.10 Memahami teori bumi dan
atmosfer pada teknik geomatika
|
4.10 Mendiskusikan teori bumi dan atmosfer
terkait dengan aplikasi pada teknik
geomatika
|
3.11 Menganalisis proses
pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan
kalor
|
4.11 Menggunakan alat sederhana dalam
percobaan yang berhubungan dengan kalor
|
3.12 Menerapkan hukum- hukum termodinamika
|
4.12 Menunjukkan cara kerja alat sederhana
yang berhubungan dengan termodinamika
|
3.13 Menerapkan listrik statis
dan listrik dinamis
|
4.13 Melakukan percobaan terkait listrik
statis dan listrik dinamis
|
3.14 Menerapkan hukum- hukum
kemagnetan dalam persoalan sehari- hari
|
4.14 Mendemonstrasikan percobaan yang
berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet
|
3.15 Menganalisis rangkaian
listrik arus bolak balik (AC)
|
4.15 Memecahkan masalah teknologi yang
berkaitan dengan listrik arus bolak balik (AC)
|
3.16
Menerapkan sifat cermin dan lensa pada alat–alat optik
|
4.16 Merencanakan pembuatan alat-alat optik
sederhana dengan menerapkan prinsip pemantulan pada cermin dan pembiasan pada lensa
|
3.17 Memahami gejala
radioaktivitas yang terkait dengan teknik geomatika
|
4.17 Menentukan aplikasi radioaktivitas pada
teknik geomatika
|
Mata Pelajaran : Kimia
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 menit)
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis perubahan materi dan
pemisahan campuran dengan berbagai cara
|
4.1 Melakukan pemisahan campuran melalui
praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat
kimianya
|
3.2 Menganalisis lambang unsur, rumus kimia
dan persamaan reaksi
|
4.2 Mengintegrasikan penulisan lambang
unsur dengan rumus kimia pada
persamaan reaksi kimia berdasarkan kasus-kasus dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3 Mengkorelasikan struktur atom
berdasarkan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
|
4.3 Menentukan letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan
konfigurasi elektron
|
3.4 Menganalisis proses pembentukan ikatan
kimia pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari
|
4.4 Mengintegrasikan proses pembentukan
ikatan kimia pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari dengan
elektron valensi atom atom penyusunnya
|
3.5 Menerapkan hukum- hukum dasar kimia
dalam perhitungan kimia
|
4.5 Menggunakan hukum-hukum dasar kimia
dalam perhitungan kimia
|
3.6 Menganalisis sifat larutan berdasarkan
konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa
lemah) dalam kehidupan sehari hari
|
4.6 Membandingkan sifat sifat larutan
melalui praktikum berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan
asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari
|
3.7 Menentukan bilangan oksidasi unsur
untuk mengidentifikasi reaksi oksidasi
dan reduksi
|
4.7 Membandingkan antara reaksi oksidasi
dengan reaksi reduksi berdasarkan hasil perhitungan bilangan oksidasinya
|
3.8 Mengevaluasi proses yang terjadi dalam
sel elektrokimia (menghitung E0
sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel
eletrolisa, proses pelapisan
logam) yang
|
4.8 Mengintegrasikan antara hasil
perhitungan E0 sel dengan proses yang terjadi dalam sel elektrokimia
(menghitung E0 sel, reaksi
reaksi pada sel volta dan sel eletrolisa, proses pelapisan
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
digunakan dalam kehidupan
|
logam) reaksi yang digunakan dalam kehidupan
|
3.9 Menganalisis struktur, sifat senyawa
hidrokarbon serta dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya
|
4.9 Mengatasi dampak pembakaran senyawa
hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan berdasarkan hasil analisis
struktur, sifat senyawa hidrokarbon
|
3.10 Menganalisis proses teknik
pemisahan fraksi- fraksi minyak bumi serta
kegunaannya
|
4.10 Mempresentasikan proses teknik pemisahan fraksi- fraksi minyak bumi serta
kegunaannya.
|
3.11 Menganalisis struktur, tata
nama, sifat, penggolongan dan kegunaan polimer
|
4.11 Mengintegrasikan kegunaan polimer dalam
kehidupan sehari hari dengan struktur, tata nama, sifat, penggolongan polimer
|
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (C2)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter
peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja
Dasar-dasar Teknik Otomotif. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan
bidang kerja Dasar-dasar Teknik Otomotif.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang
dipelajarinya di sekolah, serta
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
internasional.
|
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,
gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Mata Pelajaran : Gambar
Teknik Otomotif Jam Pelajaran :
144 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami peralatan dan kelengkapan
gambar teknik
|
4.1 Memilih peralatan dan kelengkapan
gambar teknik
|
3.2 Memahami garis-garis gambar
teknik sesuai bentuk dan fungsi garis
|
4.2 Membedakan garis-garis
gambar teknik sesuai bentuk dan fungsi garis
|
3.3 Memahami huruf, angka dan
etiket gambar teknik
|
4.3 Menyajikan huruf, angka dan
etiket gambar teknik
|
3.4 Memahami gambar konstruksi
geometris berdasarkan bentuk konstruksi
|
4.4 Mengelompokkan gambar
konstruksi geometris berdasarkan bentuk konstruksi
|
3.5 Menerapkan sketsa gambar
benda 3D sesuai aturan proyeksi pictorial
|
4.5 Menyajikan sketsa gambar
benda 3D sesuai aturan proyeksi pictorial
|
3.6 Menerapkan sketsa gambar
benda 2D sesuai aturan proyeksi orthogonal
|
4.6 Menyajikan sketsa gambar
benda 2D sesuai aturan proyeksi orthogonal
|
3.7 Menganalisis gambar potongan
berdasar jenis potongan
|
4.7 Menyajikan jenis gambar
potongan berdasar jenis potongan
|
3.8 Menerapkan pembuatan ukuran
sesuai fungsi dan pandangan utama gambar teknik
|
4.8 Menyajikan ukuran sesuai
fungsi dan pandangan utama gambar teknik
|
3.9 Memahami pemberian ukuran
berantai, sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat dan ukuran khusus
|
4.9 Menggunakan ukuran berantai,
sejajar, kombinasi, berimpit, koordinat dan ukuran khusus
|
3.10 Mengevaluasi hasil sketsa
gambar benda 2D dan 3D standard proyeksi orthogonal
|
4.10 Menyajikan hasil evaluasi
sketsa gambar benda 2D dan 3D standard proyeksi orthogonal
|
Mata Pelajaran :
Teknologi Dasar Otomotif Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Memahami prinsip-prinsip
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
|
4.1 Mengidentifikasi potensi dan resiko
kecelakaan kerja
|
3.2 Mengklasifikasi Alat Pemadam Api
Ringan (APAR)
|
4.2 Menerapkan penggunaan Alat Pemadam
Api Ringan (APAR)
|
3.3 Memahami
prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
|
4.3 Menerapkan
prinsip-prinsip pengendalian kontaminasi
|
3.4 Memahami proses
mesin konversi energi
|
4.4 Mendemontrasikan
mesin konversi energi
|
3.5
Memahami klasifikasi engine
|
4.5 Mengidentifikasi model-model
engine
|
3.6 Memahami cara kerja engine 2
dan 4 langkah
|
4.6 Menjelaskan cara kerja
engine 2 dan 4 langkah
|
3.7 Memahami proses dasar pembentukan
logam
|
4.7 Melaksanakan proses dasar pembentukan logam
|
3.8 Menerapkan cara penggunaan
OMM (operation maintenance manual), service manual dan part book sesuai
peruntukannya
|
4.8 Menggunakan OMM (operation
maintenance manual), service manual dan part book sesuai peruntukannya
|
3.9 Memahami dasar-dasar system
hidraulik
|
4.9 Menjelaskan dasar-dasar dan symbol pada
system hidraulik
|
3.10 Memahami dasar-dasar system
pneumatic
|
4.10 Menjelaskan dasar-dasar dan
symbol pada system pneumatik
|
3.11 Memahami rangkaian kelistrikan
sederhana
|
4.11 Membuat rangkaian listrik
sederhana
|
3.12 Memahami dasar-dasar
elektronika sederhana
|
4.12 Membuat rangkaian
elektronika sederhana
|
3.13 Memahami dasar-dasar
kontrol
|
4.13 Membuat rangkaian kontrol
sederhana
|
3.14 Memahami dasar-dasar sensor
|
4.14
Menguji sensor
|
3.15 Mengevaluasi kerja
baterai
|
4.15 Merawat baterai
|
Mata Pelajaran :
Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Jam Pelajaran : 180 JP (@
45 Menit)
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengklasifikasi jenis-jenis
hand tools
|
4.1 Menggunakan macam-macam
hand tools
|
3.2 Mengklasifikasi jenis-jenis
power tools
|
4.2 Menggunakan macam-macam
power tools
|
3.3 Mengklasifikasi jenis-jenis
special service tools
|
4.3 Menggunakan macam-macam
special service tools
|
3.4 Menerapkan workshop equipment
|
4.4 Menggunakan workshop equipment
|
3.5 Menerapkan alat ukur mekanik serta fungsinya
|
4.5 Menggunakan alat-alat ukur
mekanik
|
3.6 Menerapkan alat ukur elektrik serta fungsinya
|
4.6 Menggunakan alal-alat ukur elektrik
|
3.7 Menerapkan alat ukur elektronik serta fungsinya
|
4.7 Menggunakan alal-alat ukur elektronik
|
3.8 Menerapkan alat ukur hidrolik serta fungsinya
|
4.8 Menggunakan alat-alat ukur hidrolik
|
3.9 Menerapkan alat ukur pneumatik serta
fungsinya
|
4.9 Menggunakan alat-alat ukur pneumatik
|
3.10
Menganalisis berbagai jenis jacking, blocking dan lifting
|
4.10 Merawat
peralatan jacking, blocking dan liffting sesuai operation manual
|
3.11 Menerapkan cara
pengangkatan benda kerja
|
4.11 Mendemonstrasikan pengangkatan
benda kerja
|
3.12 Menganalisis berbagai
bearing, seal, gasket dan hoses
|
4.12 Merawat berbagai bearing,
seal, gasket dan hoses
|
3.13 Memahami treaded,
fasterner, sealant dan adhesive
|
4.13 Menggunakan treaded,
fastener, sealant dan adhesive
|
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (C3)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan
(4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter
peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja
Teknik dan Bisnis Sepeda Motor pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan
bidang kerja Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
|
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
internasional.
|
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Mata Pelajaran :
Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Jam Pelajaran :
560 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami prinsip kerja mekanisme katup
|
4.1 Merawat secara berkala mekanisme katup
|
3.2 Memahami prinsip kerja sistem pelumasan
|
4.2 Merawat secara berkala pada sistem pelumasan
|
3.3 Memahami prinsip kerja sistem pendinginan
|
4.3 Merawat secara berkala pada sistem pendinginan
|
3.4 Memahami prinsip kerja sistem pemasukan dan pembuangan
|
4.4 Merawat secara berkala pada sistem
pemasukan dan pembuangan
|
3.5 Memahami prinsip kerja sistem bahan
bakar bensin karburator
|
4.5 Merawat secara berkala pada sistem bahan
bakar bensin karburator
|
3.6 Memahami prinsip kerja sistem injeksi bensin
|
4.6 Merawat secara berkala pada sistem
injeksi bensin
|
3.7 Memahami prinsip kerja sistem transmisi manual
|
4.7 Merawat secara berkala pada sistem
transmisi manual
|
3.8 Memahami prinsip kerja sistem transmisi otomatis
|
4.8 Merawat secara berkala pada sistem
transmisi otomatis
|
3.9 Menerapkan cara perawatan sistem kopling manual
|
4.9 Merawat berkala sistem kopling manual
|
3.10 Menerapkan cara perawatan sistem kopling otomatis
|
4.10 Merawat berkala sistem
kopling otomatis
|
3.11 Menganalisis gangguan pada kepala silinder dan
kelengkapannya
|
4.11 Memperbaiki kepala silinder
dan kelengkapannya
|
3.12 Menganalisis gangguan pada blok silinder dan
kelengkapannya
|
4.12 Memperbaiki blok silinder
dan kelengkapannya
|
3.13 Menganalisis gangguan pada
sistem pelumasan
|
4.13 Memperbaiki sistem
pelumasan
|
3.14 Menganalisis gangguan pada sistem pendinginan
|
4.14 Memperbaiki sistem
pendinginan
|
3.15 Menganalisis gangguan pada sistem pemasukan dan
pembuangan
|
4.15 Memperbaiki sistem
pemasukan dan pembuangan
|
3.16 Menganalisis gangguan pada sistem bahan bakar injeksi
|
4.16 Memperbaiki sistem bahan
bakar injeksi
|
3.17 Menganalisis gangguan
pada
|
4.17 Memperbaiki sistem
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
sistem karburator
|
karburator
|
3.18 Mengevaluasi kerja sistem
transmisi manual
|
4.18 Memperbaiki kinerja pada
sistem transmisi manual
|
3.19 Menganalisis gangguan pada
sistem transmisi otomatis
|
4.19 Memperbaiki sistem
transmisi otomatis
|
3.20 Mengevaluasi kinerja sistem
kopling manual
|
4.20 Memperbaiki kinerja sistem kopling
manual
|
3.21 Mengevaluasi kinerja sistem
kopling otomatis
|
4.21 Memperbaiki kinerja sistem kopling
otomatis
|
Mata Pelajaran :
Pemeliharan Sasis Sepeda Motor Jam Pelajaran : 424 JP (@
45 Menit)
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Memahami prinsip kerja sistem rem hidrolik
|
4.1 Merawat berkala sistem rem hidrolik
|
3.2 Memahami prinsip kerja sistem rem mekanik
|
4.2 Merawat berkala
sistem rem mekanik
|
3.3 Memahami prinsip kerja sistem rem ABS
|
4.3 Merawat berkala sistem rem ABS
|
3.4 Memahami jenis-jenis pelek
|
4.4 Merawat berkala pelek
|
3.5 Memahami jenis-jenis ban
|
4.5 Merawat berkala ban
|
3.6 Memahami prinsip kerja suspensi
|
4.6 Merawat berkala suspensi
|
3.7 Memahami prinsip kerja sistem kemudi
|
4.7 Merawat berkala system kemudi
|
3.8 Memahami prinsip kerja rantai penggerak roda belakang
|
4.8 Merawat berkala rantai penggerak roda belakang
|
3.9 Menjabarkan jenis-jenis rangka
|
4.9 Mengidentifikasikan jenis- jenis rangka
|
3.10 Menganalisis gangguan pada
sistem rem hidrolik
|
4.10 Memperbaiki sistem rem
hidrolik
|
3.11 Menganalisis gangguan pada sistem rem mekanik
|
4.11 Memperbaiki sistem rem
mekanik
|
3.12 Menganalisis gangguan pada sistem rem ABS
|
4.12
Memperbaiki sistem rem ABS
|
3.13 Menganalisis gangguan pada pelek
|
4.13
Memperbaiki pelek
|
3.14 Menganalisis gangguan pada
ban
|
4.14
Memperbaiki ban
|
3.15 Menganalisis gangguan pada
suspensi
|
4.15 Memperbaiki
suspensi
|
3.16 Menganalisis gangguan pada sistem kemudi
|
4.16
Memperbaiki system kemudi
|
3.17 Menganalisis gangguan pada
rantai penggerak roda belakang
|
4.17 Memperbaiki rantai
penggerak roda belakang
|
3.18 Menganalisis gangguan pada rangka
|
4.18 Memperbaiki jenis-jenis
rangka
|
Mata Pelajaran :
Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor
Jam Pelajaran : 526 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Memahami prinsip kerja sistem
penerangan
|
4.1 Merawat berkala sistem penerangan
|
3.2 Memahami prinsip kerja sistem instrumen
dan sinyal
|
4.2 Merawat berkala system instrumen dan sinyal
|
3.3 Memahami prinsip kerja sistem starter
|
4.3 Merawat berkala sistem starter
|
3.4 Memahami prinsip kerja sistem pengapian konvensional
|
4.4 Merawat berkala sistem pengapian konvensional
|
3.5 Memahami prinsip kerja sistem pengapian elektronik
|
4.5 Merawat berkala sistem pengapian elektronik
|
3.6 Memahami prinsip kerja sistem pengisian
|
4.6 Merawat berkala sistem pengisian
|
3.7 Memahami prinsip kerja sistem
pengamanan
|
4.7 Merawat sistem pengamanan
|
3.8 Memahami prinsip kerja sensor sistem
kontrol elektronik Injeksi
|
4.8 Merawat sensor sistem kontrol elektronik Injeksi
|
3.9 Mengevaluasi kerja system penerangan
|
4.9 Memperbaiki kinerja sistem penerangan
|
3.10 Menganalisis gangguan pada
system instrumen
|
4.10 Memperbaiki sistem
instrumen
|
3.11 Menganalisis gangguan
system sinyal
|
4.11
Memperbaiki sistem sinyal
|
3.12 Menganalisis gangguan
sistem starter
|
4.12 Memperbaiki sistem
starter
|
3.13 Menganalisis
gangguan sistem pengisian
|
4.13 Memperbaiki
sistem pengisian
|
3.14 Menganalisis gangguan
sistem pengapian konvensional
|
4.14 Memperbaiki sistem
pengapian konvensional
|
3.15 Menganalisis gangguan
sistem pengapian elektronik
|
4.15 Memperbaiki sistem
pengapian elektronik
|
3.16 Mengevaluasi indikator kode
kerusakan sistem injeksi
|
4.16 Memperbaiki sistem injeksi
dan reset kode kerusakan
|
3.17 Mengevaluasi
sistem pengaman
|
4.17 Memperbaiki perbaikan
sistem pengaman
|
Mata Pelajaran :
Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor
Jam Pelajaran : 204 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Memahami struktur organisasi bengkel otomotif
|
4.1 Membuat struktur organisasi bengkel otomotif
|
3.2 Mengidentifikasi faktor- faktor yang
mempengaruhi keberhasilan bengkel
|
4.2 Mendata faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan bengkel
|
3.3 Mengklasifikasi jenis-jenis pelayanan bengkel
|
4.3 Menjelaskan jenis-jenis layanan bengkel
|
3.4 Memahami Undang- Undangan ketenagakerjaan
|
4.4 Mengimplementasikan
Undang-Undangan ketenagakerjaan
|
3.5 Memahami tata laksana bengkel
|
4.5 Menentukan tata laksana bengkel
|
3.6 Memahami macam kecelakaan kerja
|
4.6 Mengatasi macam kecelakaan kerja
|
3.7 Memahami penanganan keadaan darurat
|
4.7 Melakukan
penanganan keadaan darurat
|
3.8 mengidentifikasi penanganan limbah
bengkel perawatan otomotif
|
4.8 Melakukan penanganan limbah bengkel
perawatan otomotif
|
3.9 Memahami perawatan berkala peralatan
|
4.9 Melaksanakan perawatan berkala peralatan
|
3.10 Menerapkan alur kerja di bengkel
|
4.10 Melaksanakan alur kerja di
bengkel
|
3.11 Memahami prinsip-prinsip teknisi profesional
|
4.11 Menerapkan prinsip-prinsip
teknisi profesional
|
3.12 Memahami konsep kerja tim (team work)
|
4.12 Melaksanakan kerja tim
(team work)
|
3.13 Menerapkan metode
pengontrol kualitas kerja
|
4.13 Menggunakan metode
pengontrol kualitas kerja
|
3.14 Menganalisis perencanaan
kerja
|
4.14 Membuat
perencanaan kerja
|
3.15 Mendiagnosis awal kerusakan
pada sistem kendaraan
|
4.15 Menganalisis awal kerusakan
pada sistem kendaraan
|
3.16 Menganalisa laporan
pencapaian kerja
|
4.16 Mengevaluasi laporan
pencapaian kerja
|
3.17 Menerapkan penanganan komplain
|
4.17 Melakukan penanganan
komplain
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.18 Memahami pembinaan dan
pengembangan SDM bengkel
|
4.18 Melaksanakan pembinaan dan
pengembangan SDM bengkel
|
Mata Pelajaran : Produk
Kreatif dan Kewirausahaan Jam Pelajaran : 524 JP (@
45 Menit)
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami sikap dan perilaku
wirausahawan
|
4.1 Mempresentasikan sikap dan perilaku
wirausahawan
|
3.2 Menganalisis peluang usaha
produk barang/jasa
|
4.2 Menentukan peluang usaha
produk barang/jasa
|
3.3 Memahami hak atas kekayaan
intelektual
|
4.3 Mempresentasikan hak atas
kekayaan intelektual
|
3.4 Menganalisis konsep desain/prototype dan kemasan produk
barang/jasa
|
4.4 Membuat desain/prototype dan kemasan produk
barang/jasa
|
3.5 Menganalisis proses kerja
pembuatan prototype produk
barang/jasa
|
4.5 Membuat alur dan proses
kerja pembuatan prototype produk
barang/jasa
|
3.6 Menganalisis lembar
kerja/gambar kerja untuk pembuatan prototype
produk barang/jasa
|
4.6 Membuat lembar kerja/gambar kerja
untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
|
3.7
Menganalisis biaya produksi
prototype produk barang/jasa
|
4.7
Menghitung biaya produksi
prototype produk barang/jasa
|
3.8 Menerapkan proses kerja
pembuatan prototype produk
barang/jasa
|
4.8 Membuat prototype produk barang/jasa
|
3.9 Menentukan pengujian
kesesuaian fungsi prototype produk
barang/jasa
|
4.9 Menguji prototype produk barang/jasa
|
3.10 Menganalisis perencanaan
produksi massal
|
4.10 Membuat perencanaan
produksi massal
|
3.11 Menentukan indikator
keberhasilan tahapan produksi massal
|
4.11 Membuat indikator
keberhasilan tahapan produksi massal
|
3.12 Menerapkan proses produksi
massal
|
4.12
Melakukan produksi massal
|
3.13 Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa
|
4.13 Melakukan perakitan produk
barang/jasa
|
3.14 Menganalisis prosedur
pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
|
4.14 Melakukan pengujian produk
barang/jasa
|
3.15 Mengevaluasi kesesuaian hasil
produk dengan rancangan
|
4.15 Melakukan pemeriksaan
produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.16 Memahami paparan deskriptif,
naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
|
4.16 Menyusun paparan deskriptif,
naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
|
3.17 Menentukan media
promosi
|
4.17 Membuat
media promosi berdasarkan segmentasi pasar
|
3.18 Menyeleksi
strategi pemasaran
|
4.18 Melakukan
pemasaran
|
3.19 Menilai
perkembangan usaha
|
4.19 Membuat bagan perkembangan
usaha
|
3.20 Menentukan standard laporan
keuangan
|
4.20 Membuat laporan
keuangan
|
Post a Comment
Post a Comment